Pages

Sunday, June 7, 2015

Bisnis Batu Akik

Gambar dipinjam dari sini

Seperti juga trend fashion, bisnis juga punya trend. Beberapa waktu lalu dunia bisnis diguncang dengan harga tanaman hias yang melambung seperti tanaman gelombang cinta, euphorbia dan lain sebagainya. Harganya pun dipatok suka-suka. Mumpung lagi in, harga bisa sampai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Lalu sekarang yang lagi ngehits adalah bisnis batu akik. Batu akik sebenarnya sudah lama ada, tapi karena sekarang peminatnya berjubel, harganya bisa sampai gila-gilaan.Namanya juga klangenan, orang rela merogoh koceknya berapapun itu.

Dan, yang cukup membuat geleng-geleng kepala adalah batu akik ini sifatnya menular. Coba perhatikan di sekitar kita. Dari anak SD sampai bapak-bapak topik utamanya batu akik. Lalu perhatikan jari jemari teman, kerabat atau kenalan kita, adakah batu akik terselip di sana..? Atau..jangan-jangan kita sendiri yang jadi penggila batu akik. Atau malah berjualan hahaha..Bisa jadi..

Bicara tentang bisnis batu akik, tetangga saya rela lho beralih bisnis, dari jualan bakmi Jawa jadi pengrajin akik. Suer..tetangga sebelah rumah saya..Dampaknya, kalau suami mau jajan bakmi goreng malam-malam jadi males kalau harus beli jauh-jauh..hehehe..Atau kalo pas toko saya lagi sepi, karyawan saya pada ngacir ke sebelah lihat-lihat atau pesan batu akik. Hm..

Lalu, lihat deh DP BBM, ada gak teman kita yang tetiba jadi upload foto batu akik sebagai usaha sampingan ? Pasti ada kan..lumayan buat tambah penghasilan. Ya mumpung lagi booming, kesempatan tidak datang dua kali sih..Siapa tau, suatu saat saya juga bisa jadi juragan reseller batu akik heheheh..*tunggu wangsit dulu..halah*

Yayaya..dunia bisnis selalu berubah. Kita tidak pernah mengira apa yang akan menjadi trend di masa datang. Siapa yang menyangka coba, kalo batu akik bisa melatahkan banyak orang seperti sekarang ini. Bisakah kita meramalkan trend bisnis apalagi yang akan trend di masa datang ? Entahlah. Dan tahukah kita kalau bisnis akik ini akan abadi..? Sepertinya tidak ya..sifatnya hanya musiman, suatu saat orang bisa bosan dan harganya bisa jatuh tidak semahal sekarang.

Tapi, who knows..dunia bisnis selalu penuh kejutan. Apa yang menjadi teori seringkali berbeda dengan prakteknya. Ya..kita lihat saja deh kalo begitu..para pelaku bisnis harus siap dengan segala siasat perang baru, jika sewaktu-waktu bisnis yang dilakoni hanya bersifat musiman.

Oke deh..sekian dulu ya..next time kita bahas lagi soal bisnis yang lagi hot-hotnya..*jualan gorengan kali ya..* Wis, ahhh...ra rampung-rampung xixixixi..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...