Pages

Saturday, October 26, 2013

Pentingnya Mendengarkan Keluhan Customer

 Gambar dipinjam dari sini

Customer atau pelanggan mempunyai peran penting dalam suatu usaha / bisnis. Tanpa eksistensinya, bisnis itu tidak akan jalan. Customer yang loyal, tentunya akan menjadi nilai yang sangat plus untuk menunjang kelangsungan suatu bisnis. Karena itu, memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan keluhan customer menjadi poin penting yang harus diperhatikan.



Dari customer, banyak informasi penting yang bisa kita dapatkan. Dari masalah harga, jenis barang sampai info tentang kompetitor bisa kita dapatkan jika kita mengenal secara dekat dengan customer. Memang, tidak semua karakter customer menyenangkan. Namun banyak juga customer yang menguntungkan bagi kelangsungan bisnis kita.

Berikut ada beberapa tipe customer yang perlu dicermati :
  • Suka membandingkan : senangnya  tanya harga, lengkap dengan alat tulis kemudian kerjanya hanya keliling membandingkan harga dengan kompetitor. Jika harga kita masuk, dia akan kembali dan jika tidak, dia tidak akan kembali. Ini yang harus ekstra sabar menghadapinya. 
  • Suka mengadu domba : bilang di kompetitor harga barang A harganya sekian, disini kok selisih. Lalu di tempat kompetitor mengadu domba lagi di toko kita harga sekian. Padahal seringkali dia hanya berbohong untuk mendapatkan harga terendah. 
  • Tipe customer yang baik : memberi masukan ini itu yang membangun demi kemajuan usaha kita.
  • Suka pelayanan extra : sukanya menawar harga, minta diprioritaskan dan dihormati layaknya bos besar. Kita harus pandai menghadapi customer seperti ini. Kepuasan menjadi tujuan hidupnya. Tak jarang, jika dia puas, tak segan mempromosikan kepada teman-temannya
  • Suka berhutang : menghadapi customer seperti ini, walaupun sudah kenal lama, tetap harus hati-hati. Seringkali ada beberapa tipe orang yang suka mengobral janji untuk membayarnya tanggal sekian. Kenyataannya, banyak yang tidak konsisten dan pergi tanpa kabar. Ini yang akan merepotkan roda usaha kita. Jadi, kenali baik-baik. Jika perlu, tegas dari awal usaha kita tidak melayani bon kepada siapa saja tanpa kecuali.
Nah, demikian beberapa tipe customer yang akan sering kita jumpai dalam bisnis kita. Selamat mempelajari, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...