Pages

Monday, February 18, 2013

MC : Cuap-Cuap Yang Dibayar


 Gambar dipinjam dari sini

Ketika seseorang dianugerahi kepandaian berbicara, bersyukurlah. Apalagi jika kualitas bicaranya bagus, tertata dan bisa mengundang tawa. Orang seperti ini cocok untuk menjadi MC ( Master of Ceremony ) alias pembawa acara.

Seorang MC profesional bisa dibayar mahal untuk sekali pertunjukan. Bayangkan, kerja beberapa jam, berbicara memimpin acara, menghidupkan suasana dan memberi kenyamanan kepada hadirin, dibayar pula. Saya juga mau, kalau bisa..hehe..

Ada banyak acara yang membutuhkan seorang MC. Dari acara ulang tahun anak sampai ulang tahun orang dewasa, pernikahan, acara gathering dari kantor, hiburan, dan lain sebagainya. Semuanya membutuhkan seorang MC yang mengawal acara demi acara hingga selesai. MC yang sukses, akan memberikan kesan terdalam bagi semua orang. Dan imbasnya, tentu saja MC tersebut akan cepat dikenal dan dipakai dimana-mana.

MC yang baik, adalah pribadi yang supel, ramah dan humoris. Pribadinya harus welcome kepada semua orang, tidak pilih-pilih. Harus bisa memberi rasa nyaman kepada orang lain. Memberikan kesan akrab yang tulus, tidak dibuat-buat. Tidak membuat senyum palsu hanya karena dibayar. Semua yang terpancar keluar adalah murni dari dalam hati. Yang seperti ini akan abadi disukai.

Tantowi Yahya, Helmi Yahya, Choki Sitohang, Tamara Geraldine, Ferdy Hasan, Sarah Sechan, adalah contoh pembawa acara yang cukup baik dalam membawakan acara menurut saya. Gayanya lugas, pas bisa membawa suasana, bisa serius juga santai. Gayanya tidak dibuat-buat, apa adanya.

Seorang MC acara ulang tahun anak, mestinya harus yang fun, ramah, bisa menghibur anak-anak dan cukup sabar. Jangan orang yang serius, gak sabaran, gampang marah..waduh..kalau MC nya begini bisa-bisa anak-anak lari ketakutan.

Lain halnya untuk MC acara pernikahan, ada saat untuk serius dan ada saat acara santai. Jika ada acara adat, maka seorang MC harus bisa menguasai bahasa daerah dan mengerti tata cara adat pernikahan. Karena memang bisa dikatakan, MC adalah ujung tombak suatu acara. Sukses tidaknya suatu acara berkaitan erat dengan pembawa acaranya. Jangan sampai suasana jadi garing dan bikin bete hanya karena MC nya nggak bisa bikin greget acara, dan salah ucap. Waduh, bisa fatal tuh..

Jadi, untuk bisa menjadi MC yang baik ada beberapa hal yang perlu dikuasai yaitu :
  1. Berbicara dengan baik, syukur bisa menguasai banyak bahasa
  2. Gaul dan wawasannya luas
  3. Supel dan ramah
  4. Energik
  5. Komunikatif
  6. Menguasai materi
  7. Humoris
  8. Bisa menghidupkan suasana
  9. Tidak monoton dan tidak membosankan
  10. Penampilan menarik
Banyak ya syaratnya, tapi memang itu yang harus dikuasai jika ingin menjadi MC yang mumpuni. So, berminat jadi MC ? Mulai rintis karier dari sekarang !

3 comments:

  1. nice post :) aq juga pngen bgt jadi MC yang baik ^^ moga terbantu dgn post ini.. makasih dear ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiippp, mba Anna..sukses n do it with passion.. :D

      Delete
  2. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama HotForex,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : hotforex

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...